Soft Competency Merupakan Tolak Ukur Kesuksesan Company Performance

Anda-Suka-Menjadi-Berbeda-Dari-Yang-Lain-Unik
Source : grafisedu.com

Sebagai insan ciptaan Tuhan, manusia pada dasarnya memiliki kemampuan untuk dapat bekerja dengan baik. Kemampuan merupakan salah satu landasan dari terbentuknya kompetensi dalam diri manusia. Kompetensi itu sendiri berarti karakteristik dasar dari seseorang yang biasanya terkait dengan kinerja efektif menurut kriteria tertentu dan atau kinerja superior dalam sebuah pekerjaan atau situasi (Spencer, 2009). Kompetensi dibangun dengan pengetahuan (knowledge), keterampilan (skill) dan dimplementasikan dalam pekerjaan sehingga menciptakan perilaku (behavior) sesuai dengan tuntutan dari perusahaan.

Berdasarkan jenisnya, kompetensi dibedakan menjadi dua bagian yaitu : kompetensi teknis (hard competency) dan kompetensi yang berasal dari dalam diri manusia (soft competency). Kedua kompetensi ini sama-sama memiliki peran yang sangat penting dalam menunjang seseorang untuk dapat menghasilkan kinerja yang excellent. Hard Competency merupakan semua hal yang berkaitan dengan pengetahuan dan keterampilan seseorang, sebagai dampak dari pengalaman (jam terbang), pendidikan, pelatihan, maupun pengembangan. Sedangkan soft competency merupakan semua hal yang berkaitan dengan kematangan diri seseorang dan memengaruhi attitude, sikap kerja, motivasi, minat dan inner life yang dapat menampilkan kinerja optimal atau kesuksesan seseorang dalam menyelesaikan tugas.

Jika dianalogikan, kompetensi itu seperti fenomena gunung es. Dari gambar di bawah ini terlihat bahwa gunung es di bawah permukaan laut lebih besar daripada gunung es yang nampak di atas permukaan laut. Kompetensi dasar atau kompetensi yang terlihat dapat disamakan dengan kompetensi teknis yang mencakup karakteristik seperti pengetahuan dan keterampilan untuk mencapai kinerja yang excellent atau biasa disebut dengan kecakapan. Akan tetapi hal ini tidak cukup dan tidak dapat mengidentifikasi mereka yang berada di atas rata-rata.

model kompetensi gunung es
Source : businesslounge.co.id

 

Begitu juga dengan kompetensi yang tidak terlihat dapat diumpakan seperti gunung es yang berada di bawah permukaan laut atau yang biasa disebut sebagai soft competency. Kompetensi ini mencakup karakteristik seperti social rule, self image, traits dan motives yang terdapat dalam diri seseorang dan dapat digunakan untuk memprediksi kesuksesan secara jangka panjang. Soft competency ini biasa disebut juga sebagai karakteristik yang dimiliki seseorang dan dapat digunakan untuk membedakan seseorang yang berbeda di atas rata-rata.

Berikut ini merupakan penjelasan dari gambar di atas, yakni: pengetahuan yang dimaksud merupakan ilmu yang dimiliki oleh seorang individu dalam bidang atau area tertentu; Keterampilan merupakan keahlian seseorang dalam melakukan sesuatu secara maksimal; Social Role merupakan citra dari seorang individu yang diproyeksikan kepada orang lain; Self Image merupakan persepsi seorang individu mengenai identitasnya (memandang dirinya sebagai apa); Traits merupakan sifat atau tata cara khas seseorang dalam berperilaku; dan Motives merupakan pemikiran atau niat dasar yang konstan dan mendorong seseorang untuk bertindak atau berperilaku (achievement, affiliation dan power).

stock-vector-soft-skills-complement-hard-skills-which-are-the-occupational-requirements-of-a-job-and-many-other-190469420
Source : Shutterstock

Di era persaingan bisnis dewasa kini, tentunya sebuah perusahaan tidak hanya menuntut para pekerjanya untuk bisa mahir dalam satu bidang teknis saja, akan tetapi juga harus excellent dalam bidang soft competency seperti yang telah dijelaskan di atas. Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh sebuah perusahaan untuk bisa mendukung para pekerjanya dalam menghasilkan kinerja yang excellent tentunya dengan terus memperbaiki atau melakukan update sistem pengelolaan sumber daya manusia yang ada dan juga memerhatikan pelatihan dan pengembangan bagi para pekerjanya. Bagaimana cara mereka mengelola dan mempertahankan Sumber Daya Manusia nya merupakan salah satu strategi yang harus dipikirkan oleh manajemen secara matang dan harus dengan eksekusi yang baik untuk tetap bisa unggul di dalam persaingan bisnis yang begitu ketat sekarang ini. -VZ-

logo key

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s