antara "tolong", "maaf", "terima kasih"

HEY ALL! ๐Ÿ™‚
Jumpa lagi nih dengan saya, hihihi. sebenarnya jujur semenjak gue mulai kerja, waktu yang gue milikin buat buka laptop semakin sempit. apalagi kemarin-kemarin ampun deh,, nyampe rumah langsung tepar, paling makan, sholat isya kemudian bobo, trus esok paginya harus bangun jam 4 lagi buat siap-siap ngantor. That’s my habit, now! gue ga akan mengeluh soal itu, mungkin gue
berbicara seperti itu hanya untuk sekedar menjelaskan bahwa gue sekarang udah mulai mengerti bagaimana dunia kerja yang sekarang. Ampun bo! tinggal di Ibukota yang sangat-sangat padat penduduk nya dikala jam kerja. Maklum pusat perkotaan di Indonesia ini sebagian besar pekerja nya berasal dari luar daerah Jakarta itu sendiri.
Tapi yang pingin gue bahas disini bukan mengenai topik macet nya, melainkan makna yang tersirat dari kata-kata yang bisa lo baca di judul atas! yak!!
sebelum merambat kesana gue mungkin mau jelasin dulu filosopi menurut diri gue pribadi mengenai kata2 itu. Jadi, kalo menurut gue sih 3 kata itu amat sangat berkaitan dengan etika!
yak ! pada tau kan arti kata etika itu apa ?

” etika ialah sebuat acuan yang mengacu pada sebuah aturan yang terjadi dalam sebuah komunitas ” -vizul

pada saat hari pertama pelatihan materi yang dibahas mengacu pada arti kata etika, that’s why i conclude that! hhoho.
nah kenapa gue bilang berkaitan ? contoh aja deh yang barusan aja gue alamin. kalian tau kan kendaraan umum yang pada lazim nya digunakan oleh masyarakat ibukota dengan menggunakan bus di arena ibukota ini ?..
Maksud gue dari jasa angkutan umumm yang paling laku (terbukti dari peminat-nya yang banyak banget, sampai rela mengantri ibarat nonton konser Justin bieber) terkadang bahkan sampai ada yang mau jatuh, ada yang tergencet-gencet. gue heran ada pelet apa ya, sehingga orang-orang rela mengantri disana dan menunggu datangnya bus itu yang tak kunjung datang juga (mungkin hal “menunggu” itu lah yang mengimplikasikan bahwa orang indo suka di gantunging kali yah) suka banget sama yang berbau-bau nunggu gitu, ha,,haa… (suer ini gue aja yang nyambung-nyambungin) kemungkinan sih banyak ga nyambungnya *emot ngakak*
ehh kembali ke topik. makna dari 3 kata itu terkadang menjadi hal yang paling penting banget loh di kondisi yang paling ngebuat mood paling BAD sedunia, kala kita sedang menunggu bus yang kalo ditungguin pasti lama dateng nya itu. sebagai contoh, kadang kalo lagi desek-desekan tiba-tiba ada yang kesenggol tangannya atau ga sengaja keinjek kakiknya. pasti kata maaf bakal jadi kata yang paling berharga di situasi seperti itu deh, terus, pada saat mengantri Jika memang petugas disana menjalankan tugas nya dengan baik mereka akan mengucapkan “tolong untuk kepada para penumpang yang terhormat untuk antri secara tertib” mereka ga akan pernah bosan untuk melakukan hal itu, karena mereka tau hal ini merupakan salah satu job desc mereka! kemudian pada saat di dalam bus nya ada lansia, ibu hamil atau menyusui, atau bahkan ada orang cacat, jika ada para manusia muda yang bertanggung jawab atas umurnya dan menyerahkan kursi prioritas dalam bus itu untuk menggunakan haknya dengan baik. maka, kata terima kasih akan menjadi hal yang amat sangat berharga.
Sebenernya, gue sih sudah lelah menggunakan jasa transportasi itu, jika para kru yang ada di dalamnya selalu mengeluh terhadap apa yang menjadi kewajiban atas diri mereka selama mereka mengenakan seragam kebanggaanya itu. Buat apa mereka bekerja disana, kalau mereka hanya bisa mengeluh terhadap apa yang menjadi bagian daripada tanggung jawab mereka, ? Sebagai mantan mahasiswa yang mengerti tentang ilmu ekonomi. jika kita dapat memuaskan konsumen, maka feed back yang akan kita dapatkan adalah keloyalan dari si konsumen tersebut.
tapi disini gue juga engga akan menyalahkan satu pihak saja, tapi juga pihak yang menjadi penumpang. alangkah lebih baiknya kita sebagai penumpang untuk bersabar jika memang masih ingin menggunakan jasa transportasi itu.
kemudian terhadap pihak pengelola, sebaiknya bersifat terbuka terhadap saran dan kritik yang masuk karena hal itu akan menjadi sebuah bedak yang akan membuat manajemen kedepannya lebih baik ๐Ÿ™‚
semoga transportasi itu bisa menjadi transportasi no 1 di Indonesia sesuai dengan keinginan pemda dki yang tentunya juga membantu menunjang kegiatan perekonomian di Ibukota. Selamat bekerja untuk para petugas yang baik hati, dan semoga bersabar untuk para penumpang yang hendak menggunakan jasa tersebut ,..^^
salam semangat!
mohon maaf karena saya belum punya dokumentasi terakurat dari handpone sendiri jadi saya boleh mengambilnya di mbah gugling ^^
5 thoughts on “antara "tolong", "maaf", "terima kasih"

Leave a Reply

