ngeksis di kantor ?…yukk!

lagi-lagi terinspirasi dari baca majalah, gue pengen share in di situs blog gue ini. kali ini gue terinspirasi dari majalah chic. ada satu rubrik yang membahas mengenai bagaimana hal yang harus dilakukan supaya kita bisa eksis di kantor,. eiittsss, eksis bukan berarti ALAY alias anak lebay yah!! hahhaa.. langsung aja nih yaa gue tulis pembahasannya.
 
 
  • Perhatikan yang perlu diperhatikan
        Penelitian dari Carnegie Foundation menunjukkan bahwa 80-85 % kesuksesan seseorang dalam berkarier ditentukan oleh INTERPERSONAL SKILL yang dimilikinya. Pada faktanya, interpersonal relationship penting, namun tak mudah karena membutuhkan komitmen untuk membuka diri dan berkomunikasi dengan orang lain. Membekali diri dengan etika pergaulan akan membantu setiap orang tidak hanya untuk luwes bersikap akan tetapi juga untuk terampil berkomunikasi dan berafiliasi.
        Prinsip yang menyatakan bahwa ” selalu hormati ruang pribadi rekan kerja, maka mereka pun akan menghormati ruang pribadi kita..” banyak benarnya. Namun, bukan berarti hal itu ditunjukkan dengan membuat pagar pembatas.
menjalin komunikasi yang lancar dengan rekan kerja sangat diperlukan. agar kita memiliki kualitas hubungan pertemanan yang baik. bila ada rekan kerja yang ingin mencurahkan isi hatinya, beri kesempatan untuk bicara, namun tetap jaga rasa ke ingintahuan berlebih anda untuk mengorek cerita lebih dalam. Berikan tanggapan secara wajar, jangan menilai atau menasihati bila anda tidak diminta.
 
  • Berstrategi itu PERLU
         Strategi untuk bisa dekat dengan rekan kerja (entah itu atasan, bawahan, teman satu tim, dll) juga sangat diperukan agar komunikasi yang terjalin dapat berjalan dengan baik dan wajar. Menurut Dr. Sharon Toker dari Tel Aviv University 

…” selama hari kerja, kita tidak punya banyak waktu bertemu teman diluar kantor. Maka tempat kerja harus menjadi tempat yang bisa diandalkan untuk mendapatkan dukungan emosional…”

Jadi kebayang kan, selama jam kerja ini kita wajib interaksi sama rekan kerja yang berada di dalam kantor (yaiyalah! kalo engga mau interaksi ama siapa lagi coba ?). Sebenarnya kitalah yang dapat menciptakan suasana. Jangan sibuk meminta dan menuntut orang lain agar mengerti kita, tapi tanyakan pada diri anda sendiri “Apakah kita sudah cukup mengerti orang lain? Apakah saya hadir apabila dibutuhkan? Apakah saya sudah cukup terbuka pada atasan?” Apabila semua hal itu sudah kita lakukan, berarti anda sudah membuka diri sepenuh hati. Lambat laun lingkungan akan merespons, kemudian anda akan merasa betapa anda beruntung, nyaman dan happy berada di lingkungan anda sekarang.
 

 

  • Sadar Posisi dan perasaan orang lain
        …tempatkan diri anda sebagai orang yang bisa diandalkan, namun sesekali tunjukkan juga bahwa anda juga membutuhkan orang lain. Bila anda merasa tidak membutuhkan orang lain, maka rekan kerja anda pun tidak membutuhkan anda. namun bila situasi saling butuh tercipta, TRUST akan muncul. Kepercayaan memang tidak bisa dilakukan secara instant.

 

          Lalu, bagaimana trust ditumbuhkan ? caranya antara lain adalah, selalu berkata jujur, tekankan keterbukaan dan jangan ragu memberikan kontribusi optimal pada pekerjaan, tim dan juga perusahaan. Tanggung jawab akan penyelesaian pekerjaan dan pengambilan keputusan akan meningkatkan kepercayaan orang lain pada anda.
 
 
And the last..

 

  • Gaul Oke, Kinerja Jalan.
      Kita bisa eksis dimanapun apabila kita bergaul, namun tetap memiliki kontribusi signifikan terhadap perusahaan. Suksesnya seseorang dipengaruhi oleh banyak hal antara lain performance kerja yang prima, attitude yang baik, serta skills & knowledge yang cukup. Orang yang pandai bergaul namun tidak menunjukkan kinerja yang baik, tentunya lambat laun akan mendapatkan teguran. Kehebatan kita dalam bekerja merupakan modal agar kita diperhitungkan dalam lingkungan perusahaan. Langkah selanjutnya tinggal mengasah cara meningkatkan interpersonal relation yang kita miliki untuk membina hubungan yang baik dengan atasan, rekan kerja, dan orang-orang penting di sekitar perusahaan.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s