Maulid Nabi ? Apa sih Maknanya ?

Hi Guys, kali ini mungkin gue ga akan share cerita tentang trip, atau pun pengalaman apa yang gue rasain. tapi cuman ingin sekadar berbagi ilmu aja (yang di dapet dari browsing juga sih).. hihihi
Apaan sih yang mau gue share kali ini ?
Hal yang mau gue share kali ini berkaitan tentang agama. ya itung-itung buat nambah pengetahuan (kali-kali) aja kan. 😀

Apa sih temanya ?
Nah berhubung di awal Februari ini juga udah memasuki bulan kelahiran Nabi Besar Kita Rasulullah Muhammad SAW. Maka tema yang mau gue share adalah yang berkaitan dengan Maulid Nabi

Let see!! kita dah mulai masuk nih ke pembicaraan 🙂

Apa sih Maulid itu ?
Diambil dari wikipedia Maulid Nabi Muhammad SAW kadang-kadang Maulid Nabi atau Maulud saja (bahasa Arab: مولد النبي‎, mawlid an-nabī), adalah peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW, yang di Indonesia perayaannya jatuh pada setiap tanggal 12 Rabiul Awal dalam penanggalan Hijriyah. Kata maulid atau milad dalam bahasa Arab berarti hari lahir. Perayaan Maulid Nabi merupakan tradisi yang berkembang di masyarakat Islam jauh setelah Nabi Muhammad wafat. Secara subtansi, peringatan ini adalah ekspresi kegembiraan dan penghormatan kepada Nabi Muhammad.

Sejarahnya bagaimana sih ?
Perayaan Maulid Nabi diperkirakan pertama kali diperkenalkan oleh Abu Said al-Qakburi, seorang gubernur Irbil, di Irak pada masa pemerintahan Sultan Salahuddin Al-Ayyubi (1138-1193). Adapula yang berpendapat bahwa idenya justru berasal dari Sultan Salahuddin sendiri. Tujuannya adalah untuk membangkitkan kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW, serta meningkatkan semangat juang kaum muslimin saat itu, yang sedang terlibat dalam Perang Salib melawan pasukan Kristen Eropa dalam upaya memperebutkan kota Yerusalem dan sekitarnya.

Hukum untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW bagaimana ?
Seperti yang telah kita ketahui selama ini ialah bahwa banyak orang yang beranggapan bahwa peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini merupakan sesuatu yang bid’ah. Dari berbagai macam sumber yang gue baca dan dengar. Peringatan maulid Nabi ini justru malah sangat dianjurkan.

Apa alasan nya memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW ?
Pada maulid Nabi di dalamya banyak sekali nilai ketaatan, seperti: sikap syukur, membaca dan mendengarkan bacaan Al-Quran, bersodaqoh, mendengarkan mauidhoh hasanah atau menuntut ilmu, mendengarkan kembali sejarah dan keteladanan Nabi, dan membaca sholawat yang kesemuanya telah dimaklumi bersama bahwa hal tersebut sangat dianjurkan oleh agama dan ada dalilnya di dalam Al-Qur’an dan as-Sunah.

Seperti apa sih Perayaan Maulid yang dikatakan Bid’ah ?
Menurut Syaikh Dr. Yusuf Al-Qaradhawi, Ketua Persatuan Ulama Internasional meluruskan, yang kita ingkari dalam hal perayaan maulid adalah ketika ada pencampuradukkan dengan kemungkaran, ketika perayaan maulid itu bercampur-aduk dengan hal-hal yang menyalahi syari’at, ketika perayaan maulid itu tidak sesuai dengan Al-Qur’an, sebagaimana praktek-praktek ini masih ada di sebagian negara Islam. Contohnya, praktek syirik, dengan mengadakan sesajian, berkurban untuk alam, laut misalkan, pemubadziran makanan atau harta, ikhtilath atau campur baur laki-laki dan perempuan, praktek yang mengancam jiwa dengan berdesak-desakan atau rebutan makanan, dan lainnya yang bertentangan dengan syari’at.

Dalam media online milik pribadi Syaikh, juga mengatakan bahwa :
“Ketika kita berbicara tentang peristiwa maulid ini, kita sedang mengingatkan umat akan nikmat pemberian yang sangat besar, nikmat keberlangsungan risalah, nikmat kelanjutan kenabian. Dan berbicara atau membicarakan nikmat sangatlah dianjurkan oleh syariat dan sangat dibutuhkan.”


Seperti pada Firman Allah SWT dalam QS Surat Al-Ahzab : 9-10
(يا أيها الذين آمنوا اذكروا نعمة الله عليكم إذ جاءتكم جنود فأرسلنا عليهم ريحاً وجنوداً لم تروها وكان الله بما تعملون بصيرًا، إذ جاءوكم من فوقكم ومن أسفل منكم وإذ زاغت الأبصار وبلغت القلوب الحناجر وتظنون بالله الظنونا)
“Hai orang-orang yang beriman, ingatlah akan nikmat Allah (yang telah dikuruniakan) kepadamu ketika datang kepadamu tentara-tentara, lalu Kami kirimkan kepada mereka angin topan dan tentara yang tidak dapat kamu melihatnya. Dan adalah Allah Maha melihat akan apa yang kamu kerjakan. (Yaitu) ketika mereka datang kepadamu dari atas dan dari bawahmu, dan ketika tidak tetap lagi penglihatan(mu) dan hatimu naik menyesak sampai ke tenggorokan dan kamu menyangka terhadap Allah dengan bermacam-macam purbasangka.” 

Kalau dari sumber lain yang saya pernah dengar dari ceramah agama yang ditayangkan oleh stasiun Televisi di Indonesia. Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW justru malah di anjurkan. sebab dengan begitu banyka manfaat yang didapat antara lain ialah ilmu mengenai agama yang semakin bertambah, kesadaran akan kecintaan kita pada Rasulullah SAW, kemudian juga menurut saya pribadi dengan adanya peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini juga dapat meningkatkan hubungan tali silaturrahmi antara umat muslim.

Sekian lah hal yang dapat gue share. gue pribadi sadar kalo ilmu agama gue sendiri masih bener-bener cetek. Jadi Mohon Maaf apabila ada tulisan yang salah, mohon juuga dikoreksi ya dengan menulis komentar dibawahnya.

Terima kasih.!

Enjoy travelling in my Blog
^V.Z^

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s