Modus Kejahatan Baru ?

aku hanya ingin sekadar berbagi informasi yang baru saja aku dapatkan mengenai modus baru penipuan.


informasi ini aku dapatkan dari salah satu rekan di fb rekan aku. 

cek it out, semoga bermanfaat.

Assalam

Dari Tetangga sebelah, coba disimak…Penting !!!
Hati-hati dengan penipuan modus baru, yang baru saja saya alami.

kronologisnya;

Hari ini jam 12:50 saya mendapat telpon dari no. 0878 6910 3442 yang mengaku nama salah seorang anggota keluarga saya (madi nama panggilan), madi telpon saya dan terjadi dialog seperti dibawah ini ;


saya : halloooo….

madi : “saya dijebak…saya dijebak” (terdengar terisak-isak seperti menangis)

saya : siapa ini ??? (saya bertanya sebab nomor tsb tidak ada dalam memori HP)

madi : madi…. “saya dijebak….saya dijebak oleh polisi….”

saya : tenanggg…. coba bicara yang jelas…!!!…. dijebak kenapa ???

madi : saya dituduh bawa sabu-sabu…. (sambil terdengar makin terisak-isak)


begitu saya mau tanya lebih lanjut lagi, ternyata HPnya sudah ditangan seseorang yang mengaku Polisi, dan dia berusaha untuk menjelaskan kejadiannya …. 


polisi : hallo pak… benar bapak kenal dengan orang ini (madi) ???

saya : iya pak,… dia saudara saya, ada apa ya pak ???

polisi : Akp. …. (saya lupa namanya)…kami anggota dari polda…. saudara bapak ini tertangkap tangan membawa sabu-sabu disaku celananya… kami tidak punya waktu banyak, menurut bapak saudara bapak ini kami proses atau mau diurus secara kekeluargaan (jalan damai), sebab kami akan membawa langsung ke polda unit narkoba….. gimana pak ???


saya : nanti dulu pak !!!…. bapak ini dari kesatuan mana ???…tugas dimana???…

sekarang posisi ada dimana ???…. 


polisi : sudah bapak jangan banyak tanya…. kalau mau damai ikutin saya kata-kata saya…. saya tidak punya banyak waktu…. gimana ???


saya : oke…. jadi saya harus gimana ???


polisi : Kanit saya sudah telpon saya terus nih…. saudara bapak ini tertangkap berdua dengan temannya (hadisaputro)… dari pihak hadi sudah menyanggupi akan menyerahkan uang Rp 25 juta untuk jalan damai pada kami,…. tapi ingat pak…jangan libatkan pihak ke 3, polisi yang lain apalagi wartawan cukup antara kita saja, bapak tahu sendiri kalau berkas kasus ini sampai masuk ke polda atau pengadilan, bapak bisa habis ratusan juta….. gimana pak ??? cepat pak saya tidak punya waktu banyak….!!!


saya : iya pak, tapi saya tidak punya uang sebanyak itu… gimana pak ???

polisi : bapak gimana sih mau damai atau tidak ???…

saya : mau pak…. saya mau damai… jadi gimana dong ???

polisi : ya sudah… siapkan uangnya nanti saya meluncur ke tempat bapak atau kita janjian dimana !!!


saya : tapi uang saya cuma ada beberapa ratus ribu saja nih…gimana pak ???

polisi : bapak gimana sih…. mau tidak aahhh…??? (nadanya mulai marah) , kalau mau siapkan …. kanit saya sudah telpon terus nih….. jangan buang-buang waktu saya.


saya karena curiga ini adalah penipuan saya coba mengulang pertanyaan2 saya seperti diatas….


saya : oke pak…. sekarang saya mau kesana posisi bapak ada dimana ???… bapak dari kesatuan mana ??? nama bapak siapa ???


polisi : ehh… kau jangan mutar-mutar saja nanyanya….. kalau kau kenal dengan orang ini dan mau jalan damai turuti kata-kata saya atau tutup telpon ini dan saya proses orang ini…. susah kali kau ini….


saya : mau pak…saya mau damai…. nanti dulu..pak…. boleh saya bicara sekali lagi dengan madi..dan dia ada dimana????


polisi : susah kali kau ini….. dia ada dimobil ….(terdengar suara seperti hp dipindah tangankan)….. lalu terdengar suara …..


madi : hallo… sambil menangis terisak-isak….saya dijebak…. saya dijebak…. tolong saya….


saya : hallo… madiiii…. elo jangan cengeng gitu dong….. yang jelas ngomongnya !!!….

elo ketangkep dimana..??? saya siapa ???… sekarang ada dimana ???


madi : gue sekarang ada dimobil polisi…. tolong gue…. tolong… (seperti hp dipindah tangankan lagi)


Polisi 2 : hallo… saya akp. chandra kurniawan dari polda…. gimana pak ??? jangan buang waktu kami tidak bisa tunggu lama lagi…. bapak jangan main-main…..


saya : maaf pak hanya ingin memperjelas dulu ini madi yang mana ??? sebab saya punya 3 saudara yang namanya sama, yang 1 tanah tinggi, cempaka putih dan grogol…. ini madi yang mana ??? saya ingin jelas dulu… sekarang posisi bapak ada dimana, biar saya yang kesana….


polisi 2 : ehhhh monyet kau… anjing kau…. bangsat kau …. simpan sajalah duit kau tu… kalau tidak mau bayar….. buang2 waktu saja kau ini…..


saya : ehhh… bapak jangan ngomong seperti itu dong …!!!… bapak seorang polisi tidak boleh ngomong seperti itu….. (sedang saya bicara bertanya HP terputus)


begitulah kronologinya…..


Setelah saya cek keberadaaan saudara saya, ternyata dia baik-baik saja…. alhamdulillah….. 


Jadi jelas ini kisah PENIPUAN GAYA BARU yang saya alami sendiri pada hari ini….


berhati-hatilah jangan sampai saudara2 dan teman2 dan sahabat2ku tertipu dengannya.


saran saya untuk yang mendapat telpon seperti ini adalah :

1. Jangan panik sewaktu kita mendengar nama dari kerabat atau teman yang kita kenal…

2. Bertanya seperti wartawan,..apa ?… siapa ?…kenapa ?… gimana ?…dimana ?…

3. Minta keterangan dari sipenelpon sejelas-jelasnya. 

4. Berusaha mengulang-ulang pertanyaan yang sama pada sipenelpon….

5. ceritakan dan sebarkan seluas-luasnya kejadiannya pada situs-situs untuk mencegah

terjadinya pada orang lain yang kita kenal… termasuk cerita saya ini….


tolong dibagikan pada saudara, kerabat, teman, maupun orang lain yang kita kenal

wassalam

semoga informasi yang baru saja saya share dapat bermanfaat bagi kita semua.

tetap waspada dimanapun kita berada.


^salam semangat^

Leave a Reply

