sepenggal kisah perjalanan ku di tingkat akhir jenjang strata satu

hanya ingin sekedar berbagi cerita kepada semua kawan ku di dunia maya.


saat ini aku memiliki posisi sebagai mahasiswi tingkat akhir di sebuah perguruan tinggi swasta di Jakarta. Mayor yang aku ambil adalah Ekonomi dengan program studi Manajemen konsentrasi Keuangan.


sedikit cerita mengenai konsentrasi yang aku ambil
“keuangan” yap!! pasti terbesit di benak bahwa konsentrasi tersebut sulit bila dibandingkan dengan keempat konsentrasi lainnya (pemasaran, operasional, sumber daya manusia, ataupun manajemen jasa).


Mungkin kebanyakan orang berfikir seperti itu karena mereka melihat dari sisi sekilas saja “sisi hitungan”…karena konsentrasi keuangan ini dominan berhubungan dengan laporan keuangan. inti dari konsentrasi ini adalah menghitung, menghitung dan menghitung.
padahal menurut saya, konsentrasi yang saya ambil ini tidak terbatas hanya pada perhitungan saja, terbukti dari mata kuliah yang saya ambil seperti manajemen keuangan lanjutan, theori portfolio, manajemen perbankan atau bahkan manajemen keuangan internasional. semua mata kuliah tersebut tak luput dari yang namanya HAPALANย buat saya pribadi sebenarnya saya tipe orang yang agak kurang memahami kemauan diri saya sendiri. jadi saya mengambil konsentrasi ini jujur saja saya terpacu dari kaka sepupu saya yang memiliki major di strata satu dengan jurusan dan konsentrasi tersebut walaupun dia kuliah strata satu di Universitas yang berbeda dengan saya.


kalo untuk konsentrasi pemasaran, menurut saya pribadi konsentrasi tersebut lah yang dikatakan layak sebagai konsentrasi tersulit. sebab dari berbagai ilmu dasar manajemen yang telah saya pelajari, pemasaran merupakan tombak dari suatu perusahaan. tanpa adanya pemasaran yang baik dari perusahaan tersebut maka, perusahaan tidak dapat memperoleh pendapatan sehingga tidak dapat mengalokasikan dana, produk atau pun sumber daya manusia dengan baik. namun yang membuat saya miris melihatnya. banyak dari kalangan teman yang mengambil konsentrasi pemasaran hanya sebagai dalih (pengalihan) dari konsentrasi keuangan yang dianggap nya adalah konsentrasi tersulit.


kalau untuk kedua konsentrasi lain seperti operasional dan sumber daya manusia sih sepertinya cukup penting namun berbeda bidang, kalau operasional dominan kepada perusahaan manufaktur (karena lebih mendalami proses manajemen pada perusahaan yang memproduksi barang). sedangkan sumber daya manusia juga cukup berperan penting dalam proses perjalanan suatu perusahaan, karena dalam proses tersebut mungkin dikatakan lebih dari 80% dipegang atau dikendalikan dari keahlian manusia yang berperan dalam perusahaan tersebut.


sedangkan untuk konsentrasi manajemen jasa, menurut saya konsentrasi tersebut lebih banyak mendalami pada perusahaan jasa ( yang memproduksi barang yang bersifat intangibleย atau tidak berwujud). konsentrasi tersebut juga akan dipecah lagi apakah ingin memperdalam ilmu manajemen pemasaran jasa atau sumber daya jasa.


sekilas pembicaraan tersebut, saya akan kembali lagi membahas pada topik awal pembicaraan yakni mengenai skripsi.


menurut saya, sebenarnya proses penting dalam pembuatan skripsi itu di dominansi oleh beberapa faktor penting seperti :

  1. ย adanya ketekunan, keuletan dan kerajinan
  2. adanya motivasi untuk mengerjakan skripsi
  3. adanya inisiatif
  4. adanya ilmu dasar ilmiah yang dimiliki selama proses penulisan
  5. proses peranan dosen pembimbing skripsi juga sangat penting

kelima faktor tersebut menurut saya amat lah penting mengurut dari faktor yang paking mendominansi sampai kepada faktor yang cukup berperan penting selama pembuatan skripsi.

3 thoughts on “sepenggal kisah perjalanan ku di tingkat akhir jenjang strata satu

  1. Semangat Vivi untuk skripsinya! Jadi inget jaman kuliah dulu *ketauan angkatan tua*. Dosen pembimbing sebenernya nggak membantu banyak, kalo nggak inget orangtua udah cari uang capek2 buat biayain itu semua, gw nggak akan bangkit.

    Tetap semangat! ๐Ÿ˜€

    Like

Leave a Reply

